Iklan Banner
Banner 468 Pixel

Info bisnis online

Senin, 24 Agustus 2009

Affiliate Program atau Program Afiliasi

Affiliate program atau program afiliasi adalah suatu bentuk kerja sama dalam bisnis online antara pedagang (merchant) dan marketer. Bisnis ini juga boleh disebut sebagai cara menghasilkan uang lewat internet.

Istilah umum dalam affiliate program

Untuk memudahkan pemahaman, pertama akan saya jelaskan istilah-istilah yang sering dikenal dalam affiliate program.

Affiliate Merchant
Yaitu orang atau perusahaan yang menyelenggarakan program afiliasi. Mereka adalah para pedagang online yang menjalankan bisnis dan memasarkan produk/jasa lewat internet.

Affiliate Website
Alat wajib bagi para merchant untuk mengelola program afiliasi. Website ini dapat digunakan untuk mengelola order/penjualan, member, promosi dan sebagainya.


Affiliate atau Marketer
Orang-orang yang mendaftar di program merchant sebagai online marketer untuk membantu memasarkan produk/jasa dan mendapat komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan.

Affiliate Link / Referral Link
Sebuah link/URL unik yang diberikan oleh merchant kepada affiliate sebagai alat untuk mereferensikan pengunjung. Setiap pengunjung yang datang dari affiliate link akan dicatat dalam database merchant. Sehingga merchant dapat mengetahui siapa yang telah mereferensikan penjualan, dan dapat dengan mudah membayarkan komisi kepada yang berhak.

Cara kerja program afiliasi


Sebagai contoh:
Merchant www.contoh-merchant.com menjual produk software lewat websitenya, dan menjalankan program afiliasi.

Kemudian Anda mendaftar sebagai affiliate dan mendapatkan sebuah link untuk promosi. Contoh affiliate link biasanya seperti ini:

http://www.contoh-merchant.com/?ref=12345

12345 adalah user ID Anda. Ketika seseorang mengunjungi situs merchant melalui link tersebut, maka sistem afiliasi merchant akan mencatat user ID Anda sebagai pemberi referensi. Jika si pengunjung itu membeli produk merchant, Anda berhak mendapatkan komisi atas transaksi tersebut.

Menghasilkan uang dengan affiliate program


Anda dapat dengan mudah menemukan program-program afiliasi gratis di internet melalui bantuan mesin pencari Google. Sebagai contoh;

ketikan saja kata kunci affiliate program. Maka Google Search Result akan menampilkan berbagai website yang menawarkan program afiliasi. Anda dapat mencoba mendaftar dan mendapatkan sebuah affiliate link.

Promosikan link tersebut lewat media seperti email, website atau blog, brosur dan sebagainya. Setiap orang yang berkunjung melalui link Anda, Anda akan mendapat kesempatan menghasilkan uang jika ada transaksi pembelian yang terjadi. Semakin banyak pengunjung yang Anda kirim ke website merchant, semakin besar juga peluang menghasilkan penjualan.

Menjalankan Bisnis Afiliasi


Anda bisa menjadi merchant atau pedagang online jika Anda memiliki produk/jasa untuk dijual lewat internet. Dengan menjalankan program afiliasi, Anda akan memiliki pasukan marketer untuk membantu memasarkan produk Anda. Anda hanya akan membayar jasa mereka apabila mereka berhasil menjual.

Jika Anda tidak punya produk untuk dijual, Anda bisa menjadi affiliate dan menghasilkan uang lewat internet dengan memasarkan produk orang lain. Cukup miliki alat untuk meletakan link-link afiliasi, Anda akan mendapat bayaran jika penjualan terjadi melalui link Anda.

Apakah bisnis ini kedengarannya mudah..?

Ya..! Mudah karena Anda hanya perlu meletakkan link di suatu tempat, mendapat klik dan menghasilkan peluang mendapat uang dari penjualan. Tapi tidak semudah kedengarannya. Affiliate program merupakan bisnis online yang penuh lika-liku. Anda membutuhkan usaha keras untuk bisa mengirim pengunjung sebanyak mungkin ke situs merchant.

Walau demikian, program afiliasi merupakan peluang bisnis oline yang bisa dikerjakan oleh siapa saja, dari mana saja. Asal Anda memiliki waktu untuk mengakses internet, mempelajari berbagai strategi, maka Anda bisa menghasilkan uang secara online. Bahkan ini bisa juga dijadikan sebagai pekerjaan sampingan selagi Anda menjalankan hobi lewat internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar