Iklan Banner
Banner 468 Pixel

Info bisnis online

Selasa, 25 Agustus 2009

Komisi dalam affiliate program

Affiliate program atau program afiliasi memungkinkan siapa saja dapat menciptakan penghasilan secara online. Bagaimana Anda bisa melakukannya? Pelajari tentang macam-macam cara menghasilkan uang lewat affiliate program

Pay Per Sale - Dibayar per penjualan

Affiliate merchant hanya memberi Anda komisi untuk setiap kali penjualan terjadi melalui link afiliasi Anda (referral link/affiliate link). Anda bisa mengirim sebanyak mungkin pengunjung ke situs merchant melalui link Anda dan mendapat peluang menghasilkan penjualan.

Melalui program ini, Anda akan memiliki banyak produk untuk dijual. Anda tidak perlu memikirkan cara bertransaksi, pengiriman produk, dan komunikasi dengan pelanggan. Yang anda perlukan hanya menempatkan link afiliasi di lokasi-lokasi strategis di sebuah website/blog.

Komisi Pay Per Sale biasanya cukup besar (antara 10% hingga 70% bahkan lebih). Terutama untuk produk-produk digital atau produk informasi seperti ebook dan software.

Sebagai contoh, jika Anda berhasil menjual software seharga $100 dan mendapat komisi 20% saja, Anda akan menghasilkan uang $20 per penjualan. Bayangkan jika Anda bisa menjual 50 software dalam sebulan.

Mengapa komisi untuk produk digital relatif besar..?

Sebuah ebook atau software dibuat sekali untuk di-download (dijual) berulang-ulang. Tidak dibutuhkan kertas-kertas, kemasan, dan sebagainya untuk memproduksi sebuah ebook atau software. Karena biaya produksi yang relatif kecil, maka merchant menawarkan komisi tinggi untuk menjualkan produknya. Walau demikian, pengetahuan dan kerja keras si pembuat produk patut mendapat harga tinggi.

Pay Per Click (PPC) - Dibayar Untuk Setiap Klik


Program ini biasanya diselenggarakan oleh perusahaan periklanan online atau Advertising Network. Anda hanya perlu menyediakan ruang iklan di halaman website Anda dan mendapat komisi setiap kali iklan-iklan itu diklik oleh pengunjung Anda.

Bagaimana cara kerjanya..?

Advertiser atau Sponsor membeli periklanan dengan tarif Per Click. Iklan-iklan mereka akan ditampilkan di halaman-halaman website para affiliate atau lebih tepat disebut sebagai publisher iklan - yaitu Anda.

Anda mendaftar sebagai publisher iklan dan mendapatkan kode script yang akan Anda pasang di halaman-halaman website Anda. Script itu akan menampilkan iklan-iklan sponsor. Anda mendapat komisi setiap klik terjadi di website Anda.

Untuk mengikuti Pay Per Click affiliate program, memiliki website atau blog adalah keharusan. Karena Anda akan menghasilkan uang dari iklan-iklan yang ditampilkan di halaman Anda.

Besar komisi per click biasanya relatif kecil. Nilai per klik tergantung pada seberapa besar sponsor iklan berani membayar per klik - atau dikenal dengan bidding system. Sebagai contoh, jika advertiser membayar $0.50 per klik iklan dan Anda sebagai publisher mendapat 40%, maka penghasilan Anda dari klik iklan tersebut adalah $0.20 per klik. Namun perusahaan-perusahaan periklanan PPC menetapkan kebijakan komisi berbeda-beda.

Pay Per Lead

Ini adalah program yang membayar Anda untuk mengirimkan Leads (prospek) yang qualified ke situs merchant. Program ini sering diselenggarakan oleh merchant-merchant yang menjual keanggotaan website, internet service, asuransi, produk perbankan dan sebagainya. Walau komisinya tidak begitu besar, namun Anda akan mendapat uang ketika seorang prospek melengkapi form registrasi walaupun dikemudian hari ia tidak jadi membeli jasa merchant.

Ada kalanya juga merchant memberikan komisi dua kali. Yaitu ketika seorang Lead memenuhi kualifikasi merchant, dan ketika ia resmi membayar jasa layanan merchant.

Pay Per Impression


Periklanan dengan model tarif Cost Per Impression sering dikenal juga dengan singkatan CPM di mana huruf "M" adalah simbol ribuan dari angka romawi. Artinya, advertiser akan membayar untuk setiap kali iklannya ditampilkan sebanyak 1000 kali.

1000 kali tampilan iklan ini dinamakan CPM. Anda sebagai publisher iklan akan mendapat komisi setiap menampilkan iklan sebanyak 1000 kali. Pembagian komisi ini juga mirip dengan periklanan PPC atau CPC (Cost Per Click).

Ada juga merchant yang membayar Anda per click iklan dan per 1000 kali tampilan iklan. Maka jika Anda memiliki website yang ramai pengunjung, periklanan ini dapat menjadi cara mudah untuk menghasilkan uang lewat internet tanpa Anda harus menjual sesuatu.

Recurring Commission


Anda dibayar untuk merekrut anggota baru. Merchant ingin mengembangkan jaringan sebesar mungkin dan menawarkan komisi spesial kepada affiliate untuk merekrut affiliate baru. Karena dengan banyaknya affiliate yang bergabung, maka akan banyak sekali orang mempromosikan produk dan layanan merchant.

Kombinasi Berbagai Jenis Komisi


Anda suatu saat akan menemukan merchant afiliasi yang menawarkan komisi dari berbagai macam model. Misal, Anda dibayar untuk setiap Lead yang mendaftar lewat link Anda, kemudian dibayar lagi ketika ia memutuskan membayar layanan merchant, kemudian Anda mendapat bayaran lagi setiap Lead memperpanjang keanggotaannya.


2 komentar:

  1. Saya telah membaca dengan seksama mungkin dan sangat tertarik ingin mencoba

    BalasHapus
  2. thanks ya buat infonya saya pengen coba cuma belum menemukan merchant afiliasi yang dimaksud

    BalasHapus